The Sun – Leonardo

Sejak pertama kali mendengar single pertama dari album ini, Insecure, di radio, saya jatuh cinta.

The Sun dibuka dengan Insecure yang akan menjerat telinga anda dengan petikan gitar dan ketukan drum nan halus. Dilanjutkan dengan Wondrous Sky yang memiliki tempo semakin melambat dan memberikan kesan nyaman, seolah ingin menghanyutkan pendengar lebih jauh, ditambah dengan vokal berat-seksihnya Leonardo. Aih. Pada track ketiga ada Lights over Me yang seakan membangunkan kita kembali dari buaian lagu sebelumnya dengan beradunya petikan gitar akustik dan elektrik, ditambah bunyi tamborin, tepuk tangan dan suara mantap nan jernih Kartika Jahja (Tika & The Dissidents) sebagai backing vocal. Selanjutnya, anda harus bersiap dengan kejutan-kejutan yang diberikan oleh sembilan lagu lainnya.

Lagu kesukaan saya dalam album ini adalah Lights over Me, Blantant dengan lirik sinisnya yang Leonardo bawakan bersama Lani (Amazing in Bed) dan Midnight Hooray, teriakan Hooray-nya benar-benar klimaks.

Leonardo sebagai pencipta lagu juga sukses menghasilkan lirik yang beragam, anatara lain bercerita tentang kebahagian, kegalauan, dan kegetiran dalam percintaan juga kehidupan secara garis besar. Dalam lagu-lagunya, kita ngga hanya akan mendengar instrumen musik, tapi Leonardo juga membubuhkan efek lain, seperti suara batuk, siulan, pemantik api sampai suara rokok yang baru dibakar. Setiap lagu memiliki cerita dan kekuatannya sendiri. Leonardo mengajak pendengarnya untuk menggoyangkan kaki, kepala, berjoget semangat dan termenung sedih dalam album berdurasi 55 menit ini.

Saya yakin dua belas lagu yang disajikan dikerjakan bukan dengan main-main, terbukti dengan 2 tahun lamanya proses pembuatan album ini dan keterlibatan Anda dan Dharmo Soedirman sebagai produser, Andre Harihandoyo, Emil (naif), David Tarigan, Ricky (WSATCC) dan nama besar lainnya yang saya kurang tahu, mengingat pengetahuan musik saya yang sempit ini *uhuk*. Hahaha.

Singkat kata, The Sun adalah album yang kaya dan bisa menjadi pilihan bagi anda yang jenuh dengan musik Indonesia garapan stasiun tv swasta. Menurut saya, 30 ribu rupiah adalah harga yang sangat, sangat murah untuk menghormati karya anak bangsa sendiri.
Ingat, BELI bukan unduh.

Selamat menikmati! 4/5

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s